Legislatif Tolak Bahas Raperda Secara Borongan

TUBAN. kotatuban.com- Kalangan Legislatif menolak keinginan Ekskutif untuk membahas secara bersama-sama 12 ranperda, salah satunya ranperda tentang APBD 2011. Legislatif berkeinginan agar pembahasan 12 ranperda itu satu per satu sehingga lebih fokus.

“Maunya kita pembahasannya tidak borongan, tapi, Ekskutif ngotot dibahas bersama-sama sekaligus. Ini salah satu masalah yang menjadi tarik ulur,” tandas salah satu anggota DPRD Tuban Khozanah Hidayati.

Selama ini setiap usulan dewan terkait pembahasan ranperda termasuk RAPBD selalu ditolak. Bahkan, jika agak ngotot langsung dilakukan voting. “Kalau voting kan tinggal siapa yang lebih banyak itu yang menang. Dan tampaknya kekuatan eksekutif di legeslatif masih besar sehingga yang menentang selalau kalah voting,” tandas Khozanah.

Selain itu molornya penetapan RAPBD 2011 menjadi APBD 2011 sebetulnya sebagai upaya kalangan dewan untuk menyelamatkan uang rakyat. “Lho bisa saja APBD dimanfaatkan salah satu calon kalau diputuskan sebelum Pemilukada,” tutur Muhyidin anggota dewan lainnya.

Informasi yang berkembang, 12 ranperda termasuk RAPBD 2011 itu bakal didog dewan menjelang coblosan atau di tengah-tengah pelaksanaan kampanye. “Kalau didog menjelang coblosan, siapapun bupatinya kan tidak masalah,” tambah Khozanah.

Sekarang ini lanjutnya, semuanya serba dipolitisir, seakan-akan DPRD yang harus paling bertanggungjawab molornya APBD. Padahal, sumber kemoloroan itu justru dari Eksekutif sendiri. “Saya berharap Eksekutif jangan memutarbalikkan fakta dan menyudutkan DPRD dan dijadikan kampanye ‘ngalor-ngidul’,” papar legislator dari Dapil I (Merakurak, Kerek, Tuban dan Montong) tersebut.

Menurut Khozanah, selama ini pihaknya selalu mengalah atas kemauan Eksekutif, sebab, setiap menentang kehendak eksekutif selalu dilakukan voting dan bisa dipastikan kalah suara. “Sekarang ini tampaknya banyak kawan-kawan di dewan banyak yang berpihak dengan sikap kita, sehingga, penetapan APBD selalu gagal,” pupusnya. (Dikutip dari laman kotatuban.com, 5 Februari 2011)

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: