Benarkah Klaim Pasangan TANI Didukung PKB Gus Dur?

Oleh : Ahmad Mustofa

Klaim Pasangan TANI dalam Pemilukada Tuban 2011 bahwa mereka didukung oleh PKB Gus Dur bisa dipastikan ini hanyalah isapan jempol adanya, yang tentunya tujuan sesungguhnya adalah memecah belah suara warga PKB dan suara warga NU serta suara warga Gusdurian (masyarakat pengagum Gus Dur) secara keseluruhan. Karena seperti diketahui bahwa pasangan terberat pesaing pasangan TANI adalah pasangan HUDANOOR yang notabene diusung oleh PKB yang resmi, yang diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM. Dan cabup dari pasangan HUDANOOR adalah Ketua non aktif PCNU Tuban.

Secara kasat mata bahwa klaim dukungan PKB Gus Dur kepada pasangan TANI ini sebenarnya diskenariokan oleh beberapa oknum yang sudah dari dahulu menjadi pendukung setia Heany R.W. Dan saat inipun mereka bersimpati kepada pasangan TANI dan mereka ini adalah para petualang politik yang terlempar dari kepengurusan beberapa partai di Tuban, seperti PPP dan PKNU. Karena mereka itu tidak bisa membawa lembaga resmi mereka saat mendukung pasangan TANI dan mereka ingin menarik warga NU maka mereka bermanufer seolah-olah mereka adalah pengurus PKB Gus Dur, padahal mereka ini sebagian besar belum pernah menjadi anggota PKB. Dan bahkan salah satu oknumnya setiap lima tahun sekali selalu berganti partai.


Mereka berharap dengan mengusung PKB Gus Dur untuk mendukung pasangan TANI diharapkan para nahdliyyin akan bersimpati dan akhirnya memilih pasangan TANI. Mestinya mereka sadar bahwa rakyat Tuban khususnya warga nadliyyin tulen tidak akan bersimpati pada pasangan TANI karena Heany R.W. yang saat ini sebagai incumbent Bupati Tuban pernah tidak mengijinkan warga NU Tuban untuk menggunakan alon-alon Tuban sebagai tempat acara peringatan 100 hari meninggalnya Gus Dur, walau pada detik-detik akhir dia mengeluarkan ijin tersebut.

Di samping itu saat 2006 lalu, saat terjadi kerusuhan akibat Pilkada yang dianggap beberapa pihak tidak fair, bahkan Gus Dur memberikan komentar bahwa polisi harus menangkap bupati incumbent beserta suaminya, karena merekalah dalang di balik kerusuhan tersebut (Sumber laman gatra.com, silahkan klik DI SINI).

Juga selama masa pemerintahan bupati incumbent sepuluh tahun terakhir ini warga NU benar-benar banyak yang tidak terurus oleh pemkab secara benar. Misalnya saat pengurus NU akan mendirikan Rumah Sakit NU perijinan yang dipersyaratkan sangat susah didapatkan dari Pemkab Tuban.

Dari bukti-bukti alasan tersebut penulis yakin bahwa langkah pasangan TANI mengusung PKB Gus Dur sebagai penarik suara adalah kontra produktif. Dan bahkan Yenny Wachid sebagai Ketua Umum PKB Gus Dur tidak merestui dukungan tersebut, hal ini karena Yenny Wachid sadar akan hubungan baik antara para warga NU dan PKB Tuban dengan Almarhum Gus Dur dan keluarganya. Bukti ketidaksetujuan Yenny Wachid atas dukungan PKB Gus Dur kepada pasangan TANI adalah tidak jadinya Yenni Wachid datang saat kampanye pasangan TANI di Senori tanggal 18 Februari 2011 lalu, padahal sehari sebelum kampanye tersebut sudah digembar-gemborkan bahwa Ibu Yenny Wachid akan mendatangi Kampanye Pasangan TANI.

Dan lebih kontraproduktif lagi karena pemakaian atribut PKB oleh pasangan TANI dianggap melanggar aturan kampanye oleh Panwas. Karena menurut aturan pasangan calon dilarang menggunakan atribut atau bendera partai yang bukan pengusung pasangan tersebut (23 Februari 2011).

, , , ,

  1. #1 by jazuli s. on Februari 24, 2011 - 4:26 pm

    semua orang tuban tahu, siapa yg ada dibalik PKB Gus Dur dukung heany
    mereka itu siapa lagi ya…………..Gus Mad, Yahya Romli, Maarif, Fatah
    mereka orang2 yang kalah dan tersingkir dan tdk bisa cari makan kalau tidak jilati pantatnya heany

  2. #2 by kelly kamadji on Februari 26, 2011 - 11:05 am

    sama-sama NU-nya tega-teganya menhujat begitu kejamnya. Maaf apalagi kepada saya yang nasrani, kalau nggak senang pada saya takutnya aku ini ditabrak oleh pak jazuli s dkk….

  3. #3 by patching drywall tears on Juli 8, 2012 - 9:22 am

    I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts on this kind of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website. Studying this information So i’m satisfied to express that I have a very just right uncanny feeling I found out just what I needed. I so much surely will make certain to do not fail to remember this web site and give it a look regularly.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: