PNS Terlibat Pemilukada Belum Dipidanakan Oleh Panwas

Tuban – Panwas Kabupaten Tuban, Jatim, belum mempidanakan dugaan keterlibatan dua pegawai negeri sipil (PNS) setempat, dalam kampanye pilkada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang, 16 Februari 2011.

“Kami masih mengkaji kasus ini, kalau sementara ini melihat kasusnya belum mengarah ke pidana, baru pelanggaran disiplin PNS,” kata Ketua Panwas Kabupaten Tuban, Minan, Rabu.

Minan menyebutkan, dua PNS yang diduga terlibat dalam pilkada tersebut yaitu dari Bawasda, Edy Sucipto dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Widang, Sutadji. Dari keterangan saksi, keduanya dalam acara di desa setempat yang dihadiri ratusan warga mengarahkan warga untuk mencoblos calon tertentu.

“Kami masih mengusut kasus ini dengan memanggil kembali para saksi,” kata Minan menjelaskan.

Dalam pengusutuan itu, sudah ada empat saksi yand dimintai keterangan termasuk Kepala Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang, Sudarno yang dimintai keterangan kembali, Rabu.

Ia mengatakan, pengusutan kasus dugaan dua PNS yang ikut kampanye pilkada itu, sudah hampir rampung. Namun, proses selanjutnya panwas hanya merekomendasi kasus itu ke instansi tempat pekerja dua PNS di jajaran Pemkab Tuban itu.

“Pemberi sanksi, ya instansi yang bersangkutan,” jelasnya.

Selama tahapan pilkada di Tuban, lanjutnya, ada dua pengaduan lagi yang masuk, juga menyangkut keterlibatan PNS dalam kampanye. Dua laporan yang masuk itu tidak ditindaklanjuti, karena sudah kedaluwarsa. Pengaduan itu masuk, lebih dari tujuh hari setelah kejadian.

Kampanye pilkada di Tuban, dimulai sejak 12 Februari berakhir 27 Februari. Pilkada yang dijadwalkan pelaksanaan coblosan 1 Maret 2011, diikuti enam pasangan cabup dan cawabup.

Pasangan 1.Moehammad Chamim Amir-Ashadi Soeprapto (Muatoh),2. Krisnawan-Haeny Relawati Rini Widyastuti (Mas Kris-Bu Haeny), 3. Muhammad Anwar-Tulus Setyo Utomo (Mulyo), 4.Fatkhul Huda-Noor Nahar Hussein (Hudanoor), 5. Setiadjit-Bambang Suhariyanto (Sehat) dan 6.Bambang Lukmantono-Edy Toyibi (Bangkit). (Dikutip dari laman antarajatim.com, 23 Feb. 2011)

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: