Karjo Dipecat Sebagai Ketua DPC PDIP Tuban

Karir politik Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Tuban, Karjo, berakhir sudah. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang banteng mulut putih itu , Megawati Soekarno Putri, secara resmi telah membebas tugaskannya dari jabatan Ketua Umum DPC PDIP Kabupaten Tuban.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP PDIP Nomor 074/KPTS/DPP/IV/2011, Karjo sudah tidak diperkenankan menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Tuban, sejak 7 April 2011 lalu. Namun DPC baru menerima SK tersebut dari Dewan Pimpinan Derah (DPD) Jatim, beberapa hari lalu. ” Kami baru dengar kalau Karjo sudah dibebas tugaskan, tapi surat resminya baru kami terima beberapa hari lalu” kata Abu Khalifah, sekretaris DPC PDIP Tuban, Jum’at (15/4).

Abu Khalifah mengaku kaget menerima SK DPP tersebut. Namun, katanya, dia dan para pengurus DPC lainnya hanya bisa mematuhi keputusan itu, sambil menunggu Bambang DH, sekretaris DPD Jatim, melakukan konsolidasi. Dalam SK DPP itu, Bambang DH ditunjuk sebagai Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum DPC, menggantikan tugas Karjo. ” Sebagai kader partai, kami ya wajib mematuhi apapun keputusan DPP. Tentu DPP telah mempertibangkan secara matang sebelum membuat Keputusan,” kata Abu Khalifah.

Abu Khalifah dengan tegas menolak anggapan bahwa pembebastugasan Karjo berkait dengan kebijakannya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) 2011, Maret lalu. ” Saya tidak tahu pasti apa sebabnya DPP mengeluarkan SK pemberhentian Karjo. Yang jelas tidak berkaitan dengan masalah Pemilukada kemarin,” jelas Abu Khalifah.

Hal sama disampaikan Bambang DH. Ia mengatakan, masalah yang menyebabkan dibebas-tugaskannya Karjo adalah keterlambatannya melakukan konsolidasi dengan PAC dan kader-kader PDIP di bawah. Akibatnya, PDIP Tuban terlihat belum utuh. ” DPP memandang Karjo gagal memimpin partai karena tidak mampu mensolidkan kader-kader partai,” kilah Bambang DH.

Bambang DH sekaligus menampik tudingan dirinya berambisi menduduki jabatan Ketua DPC Tuban. Dengan tegas ia mengatakan, dirinya sendiri tidak mengira bakal ditunjuk DPP menggantikan tugas-tugas Karjo sebagai Ketua DPC Tuba. ” Saya hanya menjalankan anamat DPP. Kalau tugas saya sudah selesai, ya saya kembali ke DPD,” kata Bambang.

Tidak dijelaskan berapa lama Bambang DH akan menduduki jabatan Plh Ketua DPC PDIP Tuban. Ia mengatakan, tugas pokoknya sebagi Plt Ketua DPC PDIP Tuban adalah melakukan konsolidasi dan mensolidkan kader-kader partai. Dia mengakui, ketidak solidan kader-kader PDIP Tuban memang akibat kebijakan Karjo dalam Pemilukada 2011. Namun sekali Bambang DH menegaskan bahwa hal itu bukan satu-satunya sebab DPP memberhentikan Karjo. ” Memang sangat mungkin SK DPP ini terkait Pemilukada lalu. Tapi sebab yang sebenarnya DPP-lah yang mengetahui,” katanya.

Bambang menambahkan, semua fungsionaris dan kader PDIP DPC Tuban tidak mempermasalahkan kehadiran dirinya sebagai Plt. “Semua pengurus DPC dan PAC menerima saya. Mudah-mudahan saya bisa melaksanakan amanat ini dengan baik, ” harap Bambang DH, optimis.

Karjo sendiri menurut informasi yang diterima, saat ini sedang berada di Jakarta. ” Mungkin dia mau meminta penjelasan pada DPP,” kata salah seorang Ketua PAC yang menolak namanya disebut.

Dalam Pemilukada Tuban 2011, Maret lalu, keputusan Karjo mengusung pasangan calon, HM Anwar-Tulus Hariyono, memicu konflik internal di tubuh partai. Para pengurus PAC menolak, bahkan mengancam akan mengalihkan suara mereka ke calon lain. Konflik itu memang bisa diredakan. PAC-PAC yang mbalelo sebagian bisa “dibujuk” kembali mendukung pasangan PDIP. Namun terbukti upaya itu tidak membuahkan hasil. Pasangan yang diusung PDIP bahkan hanya mendapat suara kurang dari 10 persen.(Dikutip dari kotatuban.com, 16 April 2011)

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: