PKB Lebih Baik Islah

Pengamat politik Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi berharap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) islah. Tujuannya agar suara Nahdlatul Ulama (NU) mengarah pada satu partai. Sebab, posisi tawar PKB akan semakin berkurang jika PKB Yenny muncul dan PKB Muhaimin gagal.

“Sebaiknya partai dengan konstituen massa NU, seperti PKB, PKNU dan PPNUI bersatu. Karena, kasihan konstituen NU yang suaranya akan terpecah,” ungkap Burhanuddin kepada SP, selasa (12/4).

Menurutnya, tidak ada yang diuntungkan jika akhirnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pecah menjadi dua, yaitu PKB Muhaimin Iskandar dan PKB Yenny Wahid.

“Baik PKB Muhaimin maupun PKB Yenny akan bertarung di kavling yang sama, yaitu massa Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sehingga, tidak ada yang menang atau saling merugikan,” kata Burhanuddin kepada SP, Selasa (12/4).

Bahkan, peneliti senior LSI ini mengatakan dengan pecahnya PKB semakin membuat partai tersebut tidak mampu bersaing dengan partai tengah lainnya seperti PAN. Mengingat, basis suara yang sama, yaitu NU.

Burhanuddin mengatakan perolehan suara PKB semakin lama semakin berkurang akibat friksi dalam partai. Pada pemilu 1999, PKB mendapat 12 persen suara. Kemudian, terus menurun, pada tahun 2004 mendapat 8 persen suara dan tahun 2009 mendapat 5 persen suara.

“Penurunan perolehan suara PKB yang terus terjadi sangat mengkhawatirkan. Apalagi, jika Parliamentary Threshold (PT) dinaikkan menjadi 5 persen,” ujarnya. via SuaraPembaharuan

, ,

  1. #1 by S. Huda on April 18, 2011 - 9:55 am

    ok, memang idealnya partai islam bersatu biar gak hilang kena PT yg tinggi.

  2. #2 by WAHYU.NURHIKMAH on September 5, 2012 - 9:41 pm

    Ah cuma teori suatu kebohongan, saya kira PKB sekarang sudah tidak sesuai dengan NU, PKB hanya mencari keuntungan dari warga NU….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: