Indonesia Bersatu Karena NU

Jakarta – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan Indonesia bisa bersatu karena peran besar Nadhlatul Ulama. Bahkan, katanya, para kyai-kyai seperti KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab), KH Bisri Syamsuri (Mbah Bisri) hingga KH Abdurrahman Wahid memiliki peran yang besar dalam kemajuan Indonesia.

Namun, kata Muhaimin, yang menjadi pertanyaan apakah sudah sepadan penghargaan yang diberikan negara atas jasa-jasa mereka. Dan, apakah sudah sepadan penghargaan masyarakat bangsa ini kepada kiprah fundamental para tokoh itu.

“NU, Gus Dur, PKB selalu dibutuhkan menjadi pilar nomor satu bangsa dalam hal pluralisme. Dia berjuang, dia diharapkan tapi tidak dihargai, dipecah belah, dihancurkan. Dia itu adalah kita PKB, warga NU,” kata Muhaimin membuka rapat kerja Fraksi PKB di DPR bertema Pemenangan Pemilu 2014, Rabu, di Gedung Parlemen, di Jakarta (23/1/2013).

Muhaimin menyesalkan, perjuangan Gus Dur tidak pernah dihargai. Tegasnya, malah diabaikan. Ia mengatakan, mana ada orang yang dibela Gus Dur kemudian membela PKB. Bahkan, sambung dia, kelompok minoritas yang dibela Gus Dur pun tidak ada memilih PKB.  “Dia dibutuhkan, dia berjuang sendiri dan dia dicampakkan,” imbuh Muhaimin.

Karenanya, Muhaimin mengajak dalam spirit perjuangan yang nyata agar meneruskan dan  menelusuri jejak perjuangan para tokoh-tokoh itu. “Itu harus terus tertanam dengan nyata. Disitulah letak kekuatan kita dan yang membedakan spirit kita dengan yang lain. Inilah menyatukan pemaknaan,” imbuh Muhaimin.

Ia mengatakan, prospek PKB sangat baik ke depan. Katanya, di tengah berbagai perjuangan, konsolidasi terus berlangsung. Semua kekuatan menyatu. Sinergi antara PBNU, tokoh-tokoh politik terus berjalan. Bahkan, Muhaimin menyatakan, di antara 10 partai yang menjadi peserta pemilu 2014, hanya PKB yang meneruskan sejarah perjalanan kyai seperti Mbah Wahab dan Mbah Bisri secara langsung. “Di antara 10 partai itu ya PKB,” tegasnya.

 

 
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: