NU Jangan Hanya Jadi Penonton

RMOL. Pesta demokrasi 9 April dan Pilpres 9 Juli mendatang merupakan momentum tepat untuk melakukan perubahan bagi bangsa Indonesia, utamanya bagi umat Islam yang merupakan mayoritas penduduk terbesar di Indonesia. Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama harus terlibat aktif dalam agenda lima tahunan tersebut.

“Teman-teman NU harus berperan aktif dalam perubahan ini. Tidak bisa hanya menjadi penonton. Tidak bisa hanya dimanfaatkan untuk mendulang suara setelah itu ditinggalkan,” ajak Capres Konvensi Rakyat DR. Rizal Ramli di hadapan 200 kiai se DKI Jakarta dalam acara Sarasehan Nasional Ulama Pondok Pesantren dan Cendikiawan di Pasantren Mithaful Ulum, Jalan Madrasah, Cipete, Jakarta Selatan (Rabu, 2/4).

Menurut Rizal yang dikalangan NU disapa Gus Romli, warga NU harus kompak, bersatu dan pro aktif untuk perubahaan Indonesia yang lebih baik. Saat ini peran aktif NU bisa dilakukan dengan mendorong sekaligus melahirkan kepemimpinan nasional yang tegas dan terbukti memperjuangan visi kebangsaan yang pro rakyat.

Menurut santri dan sahabat Gus Dur ini, peran aktif NU dalam melahirkan kepemimpinan nasional ke depan akan menjadi sumbangan panjang NU terhadap bangsa dan negara. NU, misalnya, pernah menyelamatkan Republik ini pada masa perjuangan kemerdekaaan. Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya tak bisa dilepaskan dari peran warga NU. Pada masa itu, NU mengeluarkan maklumat Revolusi Jihad yang memerintahkan warga NU untuk berjuang demi kemerdekaan RI.

“Sekarang teman-teman NU harus merumuskan apa yang harus dilakukan pemerintahan mendatang, apa yang bisa membawa kemakmuran bagi rakyat. Panggil capres-capres yang ada, sodorkan kepada mereka konsep perbaikan yang harus dilakukan. Kalau berani teken kontrak, dukung bersama-sama. Jangan mendukung sendiri-sendiri setelah itu ditinggalkan dan teman-teman NU tetap tidak mengalami perubahan,” demikian Rizal Ramli yang pernah menjabat Menko Perekonomian pada masa Pemerintahan Gus Dur.[dikutip dari RMOL 2 april 2014]

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: