Inilah Nama-nama Anggota DPRD Jatim Yang Baru

suarasurabaya.net – Kendati rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di tingkat KPU Provinsi Jawa Timur baru menyelesaikan 20 kabupaten/kota, tapi perolehan kursi DPRD Jawa Timur hampir pasti akan dimenangkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan raihan 20 kursi.

Hasil rekapitulasi yang didapatkan suarasurabaya.net dan bersumber dari PKB menunjukkan, PDI perjuangan berada di urutan ke dua dengan raihan 17 kursi, lantas Partai Gerindra dan Partai Demokrat sama-sama meraih 13 kursi, dan partai Golkar meraih 11 kursi. Selanjutnya PAN dan PKS sama-sama mendapatkan 7 kursi, PPP dan Partai Nasdem dengan 5 kursi dan hanura dengan 2 kursi.

Dengan raihan ini, berarti Ketua DPRD Jawa Timur akan diduduki oleh perwakilan PKB, kemudian empat wakil ketua DPRD akan ditempati PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat dan Golkar.

“Hasil hitungan di seluruh daerah, kami mendapatkan 20 kursi, bahkan bisa jadi sampai 22 kursi tergantung suara sisanya berapa,” kata Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jawa Timur, Kamis (24/4/2014).

Menurut Halim, 20 kursi yang didapatkan PKB rincianya yaitu dapil 1 mendapat 2 kursi yakni Anik Maslachah dan Ka’bil Mubarok. Dapil 2 mendapat 2 kursi yaitu Anisah Syakur dan Aida Fitriyah, sedangkan dapil 3 mendapat 2 kursi yaitu Akik Zaman dan Makmullah.

Kemudian di dapil 4 mendapat 2 kursi yakni Thoriqul Haq dan Miftahul Ulum, dapil 5 mendapat 2 kursi yakni Fathullah dan Khofidah. Sementara dapil 6, dapat 2 kursi yaitu Khusainuddin dan Ahmad Tamim. “Khusus dapil 7 dan dapil 9, PKB masing-masing hanya dapat 1 kursi yaitu Husni dan Khozanah,” Kata Halim yang juga Kakak Kandung Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB ini.

Sedangkan dapil 8 PKB mendapat 2 kursi atas nama Abdul Halim Iskandar dan Lilia Agustina, sementara dapil 10 dapat 2 kursi yakni Makin Abbas dan Kartika Hidayati, dan di dapil 11 dapat 2 kursi yakni Badrut Taman dan Aliyadi.

Sementara itu Thoriqul Haq, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur mengatakan untuk tingkat kabupaten/kota, PKB berhasil menjadi pemenang di 13 daerah. Rinciannya, Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Sitobondo, Bondowoso, Banyuwangi, Kabupaten Madiun, Sampang, Sumenep, dan Tuban. “Di Jember kursi PKB sama dengan Gerindra yakni 9 kursi tapi prosentasenya kita lebih tinggi,” tambah politisi asal Lumajang ini.

Sementara itu, dari hasil rekap yang diterima suarasurabaya.net, untuk penguasaan kabupaten/kota, PKB masih kalah dengan PDI Perjuangan yang menang di 15 daerah, yakni Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Malang, dan Kota Batu.

Terpisah, Zainudin Amali, ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur mengatakan, 11 kursi yang didapat Partai Golkar merata di semua dapil dapat satu kursi. Rinciannya, dapil 1 diraih Sahat Tua Simanjuntak, dapil 2 Hasan Irsyad, dapil 3 Pranaya Yudha, dapil 4 Karim, dapil 5 Sujarwo, dapil 6 Alimin, dapil 7 Atika, dapil 8 Heri Soegiono, dapil 9 Freddy Poernomo, dapil 10 Kodrat Sunyoto dan dapil 11 Muhammad Zaini.

“Perolehan kursi DPRD Jatim pada Pileg kali ini sama dengan Pileg tahun 2009 lalu atau tetap,” kata anggota DPR RI ini. Sedangkan untuk kemenangan di tingkat daerah, Partai Golkar menang di 4 daerah yakni Ponorogo, Gresik, Bojonegoro dan Malang.

Sementara Partai Gerindra dalam pemilu kali ini juga mengalami peningkatan signikan dari 8 kursi saat ini menjadi 13 kursi di DPRD Jawa Timur. Hendro T Subiantoro, wakil ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur mengatakan, rata-rata setiap dapil dapat 1 kursi kecuali dapil 1 dan 11 masing-masing dapat 2 kursi. “Partai Gerindra menang telak di Jember dengan perolehan 9 kursi dan Bangkalan 11 kursi,” kata mantan ketua Korcab PMII Jawa Timur ini.

Sedangkan dari data yang ada, Partai Amanat Nasional (PAN) berjaya di Kota Kediri dan Bojonegoro, sementara Partai Demokrat berjaya di Kabupaten Lamongan dan Pacitan. Dan dua kabupaten sisanya yakni Kabupaten Probolingggo dimenangkan oleh Partai NasDem serta Kabupaten Pamekasan dimenangkan oleh PPP. (fik/rst)

Inilah daftar anggota DPRD jatim yang baru hasil Pemilu 2014.

Editor: Restu Indah

  1. #1 by bibit baureno Bgo Jatim on Juni 17, 2014 - 6:18 pm

    kalau sudah jadi ya yg sungguh2 memperjuangkan nasib rakyat biar berikutnya dipilih lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: