Inilah Srikandi-srikandi Baru DPRD jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Keterwakilan perempuan di DPRD Jatim Provinsi Jatim 2014-2019 mendatang hampir dipastikan akan menurun. Jika pada periode 2009-2014 keterwakilan perempuan mencapai 18 persen, maka pada pemilu 2014 ini akan tinggal 15 persen saja.

Bahkan, hanya ada satu parpol yang sanggup memenuhi keterwakilan perempuan di atas 40 persen yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hasil pileg 2009 lalu, unsur perempuan di DPRD Jatim terdiri dari PKB sebanyak 3 orang, PDIP 3 orang, Partai Golkar 1 orang, Partai Gerindra 1 orang, Partai Demokrat 7 orang, PPP 1 orang dan Hanura 2 orang.

Sedangkan pada pileg 2014 ini unsur keterwkilan perempuan berasal dari Partai NasDem sebanyak 1 orang, PKB 8 orang, PDIP 3 orang, Partai Golkar 1 orang, Partai Gerindra 1 orang, dan Partai Demokrat 1 orang.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (Gus Halim), Minggu (27/4/2014) mengatakan, pada pemilu kali ini PKB bisa mengantarkan caleg perempuan menjadi 8 orang. “Sekarang naik sekitar 40 persen atau di atas yang diamanatkan Undang-Undang yakni 30 persen,” ujarnya.

Menurut dia, rata-rata yang terpilih sekarang ini memiliki basis massa yang jelas khususnya di kalangan Muslimat dan Fatayat NU, serta daya juangnya tingi sehingga mampu bersaing dengan caleg laki-laki. Dari jumlah delapan itu yang incumbent hanya dua, yakni Anisah Syakur dan Kartika Hidayati.

Sementara itu, Partai Demokrat yang pada Pileg 2009 lalu mampu mengantarkan 7 caleg perempuannya duduk sebagai anggota Dewan Jatim, kini tinggal menyisakan 1 orang yakni Sri Subiati. “Pemilu tahun ini memang pertarungannya lebih berat sehingga tidak semua caleg perempuan dapat dengan mudah lolos menjadi anggota DPRD Jatim, yang mampu lolos tinggal seorang itupun caleg incumbent dan tidak semua caleg perempuan Partai Demokrat maju lagi,” kilah Sugiri Sancoko, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

PDIP tergolong konsisten karena keterwakilan perempuan masih tetap sama dibanding pemilu sebelumnya, yakni sebanyak 3 orang. Namun yang tergolong caleg incumbent hanya seorang yang lolos, yakni Suharti. Sedangkan 2 caleg perempuan terpilih lainnya yaitu Agatha dan Sri Untari. [tok/kun]

Daftar sementara caleg perempuan DPRD Jatim:

NasDem: Dewi Masitha

PKB: 1. Anik Maslachah‬
2. Anisa Syakur‬
3. Aida F‬
4. Makmullah‬
5. Khofidah‬
6. Lilia Agustina‬
7. Khozanah‬ Hidayati
8. Kartika Hidayati‬

PDIP:1. Agatha‬
2. Sri Untari‬
3. Suharti‬

Golkar: Atika

Gerindra: Yayuk

PD: Sri Subijati

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: