PKB Dongkel Dominasi Golkar di Tuban

Senin, 12 Mei 2014 18:17:13
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai partai penguasa di wilayah Kabupaten Tuban, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mampu memperoleh suara tertinggi dengan perolehan lebih dari 30 persen suara hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014.

Dengan peroelahn suara tersebanyak itu, PKB di Tuban juga mampu mendapatkan jumlah kursi terbanyak. Yakni sebanyak 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban diperoleh partai tersebut yang tahun sebelumnya dikuasai oleh Partai Golkar.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban telah melakukan rapat pleno terbuka untuk menetapkan jumlah kursi yang diperoleh masing-masing partai politik peserta Pemilu 2014 ini. Rapat dilakukan di kantor KPUD, jalan Pramuka, Kota Tuban, Senin (12/05/2014).

Dari hasil rapat pleno tersebut, PKB mendapatkan sebanyak 14 kursi, kemudian di susul partai Golkar dengan perolehan 7 kursi, Gerindra 6 kursi, Demokrat 6 kursi, PDIP 5 kursi, PKS 3 kursi, PAN 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura hanya 1 kursi.

“Hari ini kita telah menetapkan calon anggota DPRD Tuban yang telah terpilih. Tahapan selanjutnya kita akan menunggu pelantikan saja,” terang Yayuk Agus Dwi Sulistyorini, Komisioner KPUD Tuban.

Sementara itu, untuk perolehan suara yang diperoleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah 199.987 suara, urutan kedua ditempati oleh Partai Golkar dengan 84.972 suara. Untuk perolehan suara terbanyak ketiga Partai Gerindra dengan perolehan 78.191 suara.

“Untuk total suara sah Pemilu Legislatif tahun 2014 sebayak 633.052 suara, dari 922.858 daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan untuk angka golput jumlahnya juga menurun,” pungkasnya. [mut/but]

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: