Relawan Jokowi Dorong Percepatan Pengaktifan Solo Velley Warken Di Bojonegoro

SuaraBojonegoro – Kanal Solo velley yang sudah ada sejak jaman Pemerintahan Hindia Belanda adalah solusi atas persoalan banjir Bengawan Solo dan kekeringan yang selalu menjadi ciri khas wilayah Kabupaten Bojonegoro di setiap tahun.

Pada tahun 2014 lalu Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pengairan sebagaimana diberitakan akan melakukan pengkajian atas pengaktifan kembali kanal Solo sepanjang 72 km mulai dari ujung barat (Desa Luwihaji Kecamatan Margomulyo) sampai ujung timur, yakni kecamatan Boureno dengan lebar antara 200-300 meter.

Para relawan Jokowi, seperti Nasihan AZ ketua Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Jawa Timur, menyebutkan bahwa belum ada keseriusan dari Pemkab Bojonegoro terkait Solo Velley tersebut, “Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Bengawan Solo sudah menunjukkan dukungan untuk mengaktifkan kembali solo velley warken ini, tetapi sampai saat ini belum terlihat keseriusan dari Pemkab Bojonegoro dalam upaya mengaktifkan kembali kanal solo tersebut.”

Dijelaskan pula DPRD Bojonegoro terutama komisi yang membidangi hal ini agar memanggil dinas pengairan untuk memastikan sejauh mana progress perkembangan pengaktifan kanal solo.

“Karena ini menyangkut produktifitas pertanian dan swasembada pangan untuk mewujudkan Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung pangan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Khozanah hidayati. SP anggota DPRD Propinsi Jawa Timur menambahkan, bahwa Kanal Solo harus segera dipercepat pengaktifannya, karena diyakini mampu atasi problem banjir bandang dan kekeringan di wilayah selatan kabupaten Bojonegoro yang akhir-akhir ini sering terjadi.

“Saya berpikir, sudah saatnya masyarakat Bojonegoro sejahtera dan bermartabat dengan kekayaan alam yang terkandung didalam perut bumi Angling Dharma, yang merupakan anugerah dari Tuhan YME,” pungkas anggota Dewan yang akrab dipanggil Mbak Ana tersebut. (Achsan/Ketua Karang Taruna Tuban) – Dikutip dari SuaraBojonegoro.com, 23 Mei 2015

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: