Tak Sesuai SOP Flaring, Komisi D Ancam Pidanakan JOB P-PEJ

Rabu, 03-02-2016

JATIMTIMES, SURABAYA – Komisi D DPRD Jawa Timur  mengancam akan mempidanakan Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ), jika kegiatan  flaring Pad A di Lapangan Sukowati, Desa Campurejo, Kabupaten Bojonegoro tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Khozanah Hidayati mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan adanya kebocoran gas tersebut.

Akibatnya bau yang tercemar Hydrogen Sulfida (H2S) melebihi ambang batas yakni berjumlah 1 PPM (Part of Gas Million Parts of Air).

“H2S itu sangat berbahaya untuk manusia karena ada ambang batas untuk menghirup bau gas tersebut, lebih dari 5 PPM bisa jadi masalah kesehatan, seperti mual-mual dan gangguan pernafasan,’ ujarnya, di Surabaya, Rabu (3/2/2016).

Politisi asal dapil IX (Kabupaten Tuban dan Bojonegoro) ini mendesak pihak terkait untuk melakukan  penyelidikan penyebab terjadinya kebocoran gas. Jika ada unsur kelalaian, atau tidak sesuai SOP, maka JOB P-PEJ dapat dituntut di pengadilan.

“Kalau ada upaya kelalaian bisa dituntut. Bagaimana mungkin perusahaan besar sampai lalai. Seharusnya mereka (JOB P-PEJ) mempunyai catatan terakit resiko yang akan terjadi, dan itu menjadi pertimbangan sebelum flaring,” tegasnya.

Selain itu, Khozanah meminta kepada pemerintah pusat harus segera menangani masalah ini dengan melakukan evaluasi terhadap ijin flaring. Mengingat kebocoran gas ini tidak sekali saja, namun sudah terjadi tahun 2000.

Komisi D berharap munculnya bau H2S tersebut menjadi pelajaran agar tidak terjadi kembali. Jika kedepan masih terjadi bau menyengat, maka DPRD Jatim mendesak pusat agar menutup permanen kegiatan flaring tersebut.

JOB P-PEJ harus segera menangani masyarakat yang menjadi korban akibat bau H2S, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. “Warga harus diberi ganti rugi dengan diberi kompesasi. Korban tidak hanya orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak,” pungkasnya. (*)

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: