​Mengaca pada Demo Era Khulafaur Rosydin

Adanya demo terhadap penguasa besar-besaran tanggal 4 Nopember 2016 besuk. Mengingatkan pada terjadinya demo besar-besaran kepada penguasa yang sah dan kemudian memakzulkannya juga pernah terjadi di era Khulafaur Rosyidin dulu, yakni saat sahabat Usman Bin Afan.

Khalifah pengganti Rosulullah ketiga tersebut didemo agar mengganti gubernurnya yang bukan karena menista agama tetapi karena sang gubernur tersebut masih kerabat Sang Khalifah.
Tuntutan pendemo berikutnya adalah meminta agar Sang Khalifah mencopot penasihatnya yang tidak hanya kerabatnya tapi juga ayah yang bersangkutan dan anak turunnya pernah diusir Sang Nabi dari Madinah.
Demo yang awalnya berlangsung  damai berubah menjadi rusuh & kacau balau. Massa yang tak sabaran mengepung rumah Sang Khalifah untuk segera memenuhi tuntutan. Massa kemudian dengan beringas masuk ke rumah tersebut dan terjadilah apa yg terjadi, Sang Khalifah Sahabat Utama Nabi, terbunuh.
Teladan di era Kholifaur Rosyidin,  mendemo penguasa dengan memaksakan tuntutan, kemudian jika tuntutan tak dipenuhi memakzulkannya tentunya bukan untuk diteladani.
Semoga anak bangsa NKRI ini bisa berkepala dingin dan waspada pada saat demo sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga!

#JagaNKRI #DamaiNKRI

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: