​Mega Proyek Kilang Minyak Tuban Diharapkan Mampu Ciptakan Multiplier Effect

Tuban, PUBLIK.co.id – Sekretaris DPW Jawa Timur Perempuan Bangsa, Khozanah Hidayati mengatakan bahwa  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban harus mampu menjadi koordinator, fasilitator dan stimulator kaitannya dengan mega proyek ground breaking pembangunan kilang minyak Tuban yang rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun ini.

Ia menjelaskan bahwa stake holder yang ada di Tuban harus menangkap peluang agar multlipier efect dari mega proyek tersebut nantinya dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat Tuban.
Ia menyebutkan, multiplier effect dari pembangunan kilang minyak tersebut mencakup bidang ekonomi dan sosial.
“Multiplier effect di bidang ekonomi akan memengaruhi besaran PDRB, peningkatan pendapatan masyarakat, penyerapan tenaga kerja dan keterkaitan terhadap sektor ekonomi lain akibat adanya kenaikan permintaan akibat adanya mega proyek kilang minyak tersebut,” tulis Khozanah di akun Twitternya @ana_khoz pada Minggu, 12 Februari 2017.
Adapun multiplier effect, lanjutnya, kaitannya dengan sosial adalah adanya peningkatan taraf hidup masyarakat, penigkatan pelayanan publik seperti layanan kesehatan, pendidikan, peningkatan akses ekonomi serta perbaikan infrastruktur lainnya.
“Agar multiplier effect tersebut maksimal maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban harus memfasilitasi suprastruktur dan infrastruktur yang bisa memaksimalkan manfaat multlipier effect tadi bagi masyarakat Tuban,” tulis Khozanah yang juga Anggota DPRD Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Khozanah juga menambahkan, Pemkab Tuban juga harus memfasilitasi perhitungan proyeksi kebutuhan tiap sektor akibat adanya peningkatan permintaan. Sehingga, tuturya, pengadaan sarana tidak tumpang tindih, over supply atau justru ketersediannya kurang.
Agar tidak menimbulkan gangguan di lingkungan sosial, Khozanah mengatakan, baiknya persyaratan tenaga kerja lokal dimasukkan sebagai persyaratan dalam dokumen AMDAL. Menurutnya, hal ini cukup beralasan dan bisa mengikat investor untuk tidak melanggarnya.
Selain itu, jelas Khozanah, agar multiplier effect benar-benar dirasakan masyarakat, Pemkab harus mewajibakan pihak investor untuk mendidik tenaga kerja lokal, termasuk dalam hal penggunaan kontraktor lokal.
“Prinsipnya, Pemkab harus bisa menjadi koordinator, fasilitator, dan stimulator untuk menjadikan proyek ini punya multiplier effect maksimal terhadap ekonomi Tuban,” jelasnya
http://www.publik.co.id/detail/2292/mega-proyek-minyak-tuban-diharapkan-mampu-ciptakan-multiplier-effect

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: